Manfaat Brokoli

Brokoli merupakan tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae, berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah di budidayakan sejak zaman Yunani Kuno. Brokoli sering tertukar dengan kembang kol. Untuk membedakannya, brokoli berwarna hijau sedangkan kembang kol berwarna putih. Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan tangkai tebal dan sebagian besar dikelilingi oleh dedaunan.

    

  Brokoli mengandung provitamin A (karotenoid), asam folat, vitamin C dan serat makanan yang cukup tinggi. Serat yang terkandung dalam brokoli bermanfaat untuk mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Brokoli juga mengandung banyak mineral penting seperti kalsium, potasium, kalium, besi dan selenium. Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana serta mengandung senyawa isotiosianat yang diketahui memiliki aktivitas antikanker.

      Untuk mengkonsumsinya, brokoli biasanya direbus atau dikukus terlebih dahulu atau dapat juga dimakan dalam kondisi mentah. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dan vitamin serta nutrisi yang terkandung tidak hilang, sebaiknya brokoli diolah dengan cara dikukus. Namun jika Anda lebih suka merebusnya, sebaiknya jangan lama-lama karena akan menghilangkan sekitar 50% kandungan asam folat di dalamnya. Rebuslah brokoli dengan diberi 1/2 sendok teh garam paling lama 5 menit saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s